Desak Kenaikan Gaji PNS Rp9 Juta, DPR Minta Diimbangi Konsep Baru

Desak Kenaikan Gaji PNS Rp9 Juta, DPR Minta Diimbangi Konsep Baru

Anggota Komisi II DPR RI berasal dari Fraksi Partai Gerindra, Sodik Mudjahid menghendaki konsep pemerintah menaikkan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi minimal Rp9 juta, diimbangi bersama konsep manajemen baru.
Bandar Bola
Menurutnya, langkah berikut perlu dan mesti menjadi anggota berasal dari usaha pemerintah menaikkan kesejahteraan PNS.

“Kenaikan gaji yang artinya kenaikan kesejahteraan ASN mesti merupakan anggota berasal dari konsep dan manajemen baru ASN. Dalam konteks ini, maka kenaikan gaji atau kesejahteraan ASN adalah tindakan yang baik dan mesti didukung,” kata Sodik kepada CNNIndonesia.com, Rabu (30/12).

Sodik pun membeberkan, konsep manajemen baru sanggup berbentuk peningkatan profesionalisme kemampuan, merit sistem yang terukur, perampingan dan rasio yang layak antara ASN bersama bobot dan lingkup kerja, peningkatan stimulus dan komitmen melayani rakyat, dan juga netralitas ASN dan komitmen kepada negara–bukan kepada pemerintah.

Terkait angka gaji PNS yang dapat menjadi minimal Rp9 juta, Sodik sangat percaya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) udah menghitung bersama teliti dan juga membicarakannya bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Namun, ia menghendaki sehingga pemerintah mengulas lagi pas penerapan kebijakan kenaikan gaji PNS, apakah dapat dikerjakan di sedang kondisi tidak baik ekonomi akibat pandemi Covid-19 ataukah pas perekonomian membaik.

“Jika musim Covid-19 belum amat mungkin maka pemberlakuan sehabis ekonomi membaik. Tapi kebijakan atau ketetapan udah ditetapkan,” tutur politikus Partai Gerindra itu.

Menpan RB Tjahjo Kumolo menjelaskan kementeriannya sedang menggodok kebijakan kenaikan tunjangan untuk ASN.

Ia membocorkan, bersama kenaikan tunjangan, Kenaikan tunjangan rencananya jadi berlaku 2021.

“Tunjangan kinerja ASN termasuk mengidamkan kami menaikkan maksimal. Jadi pegawai paling rendah ASN minimal Rp9 juta hingga Rp10 juta,” kata Thahjo, Senin (28/12).

Sementara Kemenkeu meyakinkan keputusan kuantitas dan skema kenaikan gaji ASN tetap dalam pembahasan. Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu Rahayu Puspasari menjelaskan pihaknya tetap mengulas perkara berikut bersama beberapa institusi terkait.

“Saat ini tetap dalam bagian pengkajian interdept bersama mempertimbangkan banyak aspek, diantaranya termasuk dampaknya pada keuangan negara jangka pendek dan jangka panjang,” tutur Rahayu.